klubremajafresh

Just another WordPress.com site

Foto Kegiatan Tafakur Alam

adik-adik sedang mendengarkan petunjuk dari kaka Rere sebagai MC

Tinggalkan komentar »

TRaining Remaja Muslimah Minggu, 15 April 2012

TRaining Remaja Muslimah Minggu, 15 April 2012

yang ikutan acara cantik2 loh, heee

Tinggalkan komentar »

Training Remaja Muslimah

Tinggalkan komentar »

Pede menjadi Remaja Muslim

Tulisan ini di repost dari tulisan orang lain

 

Buletin Gaul Islam
23 Maret 2005 – 16:33
Pede Dong jadi Remaja Muslim!    
Edisi 193/Tahun ke-5 (3 Mei 2004)

Bener lho. Percaya diri itu bikin kita enjoy menikmati hidup. Bikin asyik menikmati tan-tangan dan rintangan. Percaya diri pun diyakini bisa menem-patkan kita sebagai orang yang bisa mengelola emosi. Duileee sampe segitunya ya? Bener. Sebab, ketika kita memiliki rasa percaya diri, kita tahu apa yang kudu kita lakukan. Kita bisa ngukur diri. Itu sebabnya, orang yang percaya dengan kemampuan dirinya, biasanya bakalan rileks en tanpa beban dalam berbuat. Ini, tidak saja membawa hasil maksimal, tapi juga antistres. Nggak percaya? Silakan dicoba.

Sobat muda muslim, percaya diri alias pede emang kudu ditumbuh-kembangkan dalam diri kita. Kita rawat, kita bersihkan, kita poles dengan apik, dan kita sirami agar terus bersemi. Insya Allah, itu akan membuat kita tak pernah merasa terbebani. Kita akan menatap masa depan dengan penuh semangat dan tentunya tak mudah goyah dengan berbagai godaan en rayuan. Mulai dari rayuan pulau kelapa ampe rayuan gombal sekali pun. Nggak mudah percaya ama rayuan. Yakin itu.

Mungkin sebagian teman kita sutris banget pas ada yang ngata-ngatain bahwa umat Islam itu terbelakang en bodoh. Emang dalem banget en nyelekit pernyataan tersebut. Terus karena kalah mental akhirnya doi nggak pede lagi jadi seorang muslim. Jangan sampe tuh ngendon juga di jiwamu!

Padahal, cobalah kita berpikir lebih jernih. Sikap minder itu muncul justru karena kita merasa rendah diri. Merasa kerdil di hadapan orang lain. Padahal sejatinya, belum tentu orang lain lebih baik dari kita. Belum tentu pula kita lebih jelek di hadapan mereka. Itu semua adalah sekadar nilai dan cara pandang aja. Meski emang kudu ada standar nilai dan standar cara pandang yang benar.

Tapi terlepas dari salah-benar standar hidupnya, rasa percaya diri itu bisa menuntun kita lebih bijak dalam bersikap. Coba aja pikirkan. Kalo ada pernyataan seperti tadi, kamu jangan terpancing dan terbawa opini untuk ikut-ikutan merasa terbelakang, hanya karena kita sebagai muslim. Lagian pernyataan itu kan nggak sepenuhnya benar. Masih perlu diujicoba dan dibuktikan argumentasinya di lapangan. Tul nggak seh?

Mungkin benar pernyataan tersebut kalo fakta yang ditunjukkinnya adalah kaum muslimin yang berada dalam kondisi miskin dan tingkat pendidikannya rendah. Tapi kan masih ada kalangan muslim yang kaya dan jenjang pendidikannya lebih tinggi. Nah, jadi nggak perlu minder kan?

Bahkan jika pernyataan itu memojokkan kita sekali pun, bukan berarti kita pantas untuk minder en bersedih. Sebaliknya, fakta itu kita jadikan sebagai bahan renungan untuk lebih memberikan perhatian yang banyak kepada Islam dan umatnya. Tentunya, agar di kemudian hari kita lebih terhormat. Betul?

Jadi, nggak usah minder ya. Kita berjuang tanpa bosan, tanpa beban, dan tentunya tetap semangat. Buang jauh-jauh file minder van rendah diri dari daftar file di direktori otak kita. Kita cerahkan masa depan hidup kita dengan rasa percaya diri. Apalagi, kita adalah pejuang Islam, nggak pantes deh kalo kita malah nggak pede. Malu banget tuh sama jenggot yang jumlahnya cuma lima lembar itu. Heheheh (apa hubungannya ya?)

Tetep cool ya…

Wuih, cool? Emang mainnya hobi yang dingin-dingan aja ya? Kata teman saya sih, kalo kita cool berarti profesinya nggak jauh dari tukang reparasi kulkas? Hihihi.. ngaco aja ah. You pasti udah understand -lah dengan istilah cool ini.

Oke deh, kita sepakati aja dulu tentang istilah ini. Berdasarkan kamus bahasa slang yang berceceran banyak di internet, istilah cool ini muradif alias padanan katanya sama dengan asyik. Asyik? Bener. Wah, ternyata enak juga jadi remaja yang cool ya? Jadi, tetep sa’ik alias asyik dalam menjalani hidup ini. Kita bisa kok. Nggak masalah.

Sobat muda muslim, gimana dong buat yang belum pede? Kita kan pengen juga neh. Iya ya? Yang belum pede, berarti kudu belajar untuk pede. Kalo yang udah pede mah, kudu dipertahankan ya. Biar tetep pede.

Oke deh, buat kamu yang belum pede en supaya tetep cool, kita ngasih beberapa tips nih supaya bisa pede. Secara umum tapi ye. Insya Allah tetap bermanfaat kok.

Pertama , mengenali diri sendiri. Lho, emangnya ada yang masih belum kenal dengan dirinya sendiri? Wah, jangan heran Bro , banyak di antara kita yang nggak ngeh dengan diri kita sendiri. Caranya begini. Belajar menilai diri secara obyektif dan jujur. Susunlah daftar ‘kekayaan’ pribadi, seperti prestasi yang pernah diraih, sifat-sifat positif, potensi diri baik yang sudah diaktualisasikan maupun yang belum, keahlian yang dimiliki, serta kesempatan atau pun sarana yang mendukung kemajuan diri.

Kamu kudu nyadar dengan semua aset berharga yang kamu miliki. Terus, silakan temukan pula aset yang belum dikembangkan. Pelajari kendala yang selama ini menghalangi perkembangan diri kamu, seperti: pola berpikir yang keliru, niat dan motivasi yang lemah, kurangnya disiplin diri, kurangnya ketekunan dan kesabaran, tergantung pada bantuan orang lain, atau pun sebab-sebab eksternal lain.

Kalo pengen lebih keren, bikin deh hasil analisa dan pemetaan terhadap SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunity and Threats) diri, kemudian digunakan untuk membuat dan menerapkan strategi pengem-bangan diri yang lebih realistik. Coba ye..

Kedua , menilai diri sendiri dengan jujur. Nah lho, jarang banget nih ada orang yang pandai menilai pribadinya dengan jujur. Mayoritas kalo udah bicara tentang dirinya, pasti GUE BANGET. Orang lain mah LEWAAAT. Ih, jangan sampe begitu ya.

Sobat muda muslim, sadari dan hargailah sekecil apapun keberhasilan dan potensi yang kamu miliki. Ingat lho, bahwa semua itu didapat melalui proses belajar, berevolusi dan transformasi (perubahan) diri sejak dulu ampe sekarang. Kalo kamu mengabaikan/meremeh-kan satu saja prestasi yang pernah diraih, berarti mengabaikan atau menghilangkan satu jejak yang membantu kamu menemukan jalan yang tepat menuju masa depan.

Oya, ati-ati lho, kerana ketidakmampuan menghargai diri sendiri, mendorong munculnya keinginan yang tidak realistik dan berlebihan; contoh: ingin cepat kaya, ingin cantik en getop, mendapat jabatan penting dengan segala cara. Kalo dipiki-piki, semua itu sebenarnya bersumber dari rasa rendah diri yang kronis, penolakan terhadap diri sendiri, ketidak-mampuan menghargai diri sendiri–hingga berusaha mati-matian menutupi keaslian diri. Heuheuheu.. jangan ampe hinggap di dirimu deh!

Ketiga , berpikir positif. Cobalah kamu perangi setiap asumsi, prasangka, atau persepsi negatif yang muncul dalam benak kamu. Kamu bisa katakan pada diri sendiri, bahwa nobody’s perfect dan it’s okay if I made a mistake (duileee nih ngomongnya David Beckham banget).

Jangan biarkan pikiran negatif berlarut-larut karena tanpa sadar pikiran itu akan terus berakar, bercabang, dan berdaun. Semakin besar dan menyebar, makin sulit dikendalikan dan dipotong. Walah?

Itu sebabnya, jangan biarkan pikiran negatif menguasai pikiran dan perasaan kamu. Hati-hatilah agar masa depan kamu nggak rusak karena keputusan keliru yang dihasilkan oleh pikiran keliru. Jika pikiran itu muncul, cobalah menuliskannya untuk kemudian di re-view kembali secara logis dan rasional. Pada umumnya, orang lebih bisa melihat bahwa pikiran itu ternyata tidak benar. Coba ya? Iya sih! (nah kalo ini Dian Sastro banget neh! Hihihi)

Keempat , boleh deh pajang slogan-slogan oke. Tempelin dekat meja belajarmu: “Saya pasti bisa!”, “Saya akan belajar dari kesalahan ini” “Hari esok milik saya”, “Islam pasti menang!”, “Aku ingin syahid”. Wis, pokoke sebanyak-banyak yang bisa menggugah semangatmu.

Kelima , berani ambil risiko. Nah, ini juga perlu kamu kembangkan. Hidup ini selalu berubah sobat. Seringjkali bahkan kudu berani ngambil risiko. Kami nggak perlu menghindari setiap risiko, melain-kan lebih menggunakan strategi-strategi untuk menghindari, mencegah atau pun mengatasi risiko tersebut.

Contohnya, kamu nggak perlu menyenangkan orang lain untuk meng-hindari risiko ditolak. Jika kamu ingin mengembangkan diri sendiri (bukan diri seperti yang diharapkan orang lain), pasti ada risiko dan tantangannya. Namun, lebih buruk berdiam diri dan tidak berbuat apa-apa daripada maju berkembang dengan mengambil risiko. Ingat: No Risk, No Gain. Huhuy!

Keenam , tetapkan tujuan yang realistis. Nah, ini perlu sobat. Kamu perlu mengevaluasi tujuan-tujuan yang kamu tetapkan selama ini; apakah tujuan tersebut sudah realistik atau nggak. Dengan menerapkan tujuan yang lebih realistik, maka akan memudahkan kamu dalam mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian kamu akan menjadi lebih percaya diri dalam mengambil langkah, tindakan dan keputusan dalam mencapai masa depan, sambil mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan.

Ketujuh , bersyukur dan tawakal. Wajib deh buat kita semua untuk mensyukuri nikmat dari Allah. Kita kadang sulit menghadapi hidup ini, tapi dengan banyak bersyukur, pikiran dan perasaan kita jadi lebih tenang menghadapinya.

Moga beberapa tips yang berhasil saya ramu dari berbagai pendapat ini bisa bikin kamu tambah pede en tentunya tetep cool ya.

Islam bikin kita pede

Ada beberapa alasan yang sebenarnya bisa bikin kita pede dengan jadi muslim. Islam, agama kita, memiliki banyak kelebihan yang bisa dibanggakan. Dan tentunya bisa bikin pede dong. Jadi bener ya, kalo kita kenal dengan agama kita sendiri, dan tahu apa aja kelebihan-nya, insya Allah bikin pede.

Pertama , Islam mengajarkan bahwa tuhan kita adalah Allah. Maha segalanya. Tuhan yang lain mah lewaat deh. Firman Allah Swt.: “Katakanlah: “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia”. (QS al-Ikhlas [112]: 1-4)

Insya Allah ini juga bisa bikin kita pede. Kepada siapa lagi coba kita akan menyembah kecuali kepada Allah? Betul?

Kedua , Islam juga punya al-Quran. Ini benar-benar the amazing book . Pedoman hidup kita dari masalah yang kecil ampe yang besar. Mulai soal bersuci sampe pemerintahan dan negara. Wuih, mana ada kitab lain yang bisa begitu? Wah bener-bener bikin pede dan membanggakan banget.

Sampe-sampe W.E. Hocking berkomen-tar, “Oleh karena itu, saya merasa benar dalam penegasan saya, bahwa al-Quran mengandung banyak prinsip yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya sendiri. Sesunguhnya dapat dikata­kan, bahwa hingga pertengahan abad ke tiga­belas, Islam-lah pembawa segala apa yang tumbuh yang dapat dibanggakan oleh dunia Barat.” ( The Spirit of World Politics, 1932, hlm. 461 )

Ketiga, kita punya nabi yang dikagumi orang sejagat. Rasulullah saw. diakui oleh kawan dan lawannya. Penulis buku Seratus Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia , Michael Hart, menyebutkan, “Dia (Muhammad saw.) adalah orang yang paling berpengaruh sepanjang sejarah kehidupan manusia lebih dari Newton dan Yesus (Nabi Isa) atau siapapun di dunia ini.”

Oke deh, paling nggak itu beberapa alasan kenapa kita kudu pede jadi remaja muslim. Yuk, kita sama-sama membangun rasa percaya diri dan mempertahankannya.Kita bisa mencoba mulai dari sekarang. Nggak perlu nunggu lama lagi. Apalagi, kita sebagai remaja muslim dan juga pengemban dakwah. Kalo sampe nggak pede, aduh, malu atuh! [solihin]

Tinggalkan komentar »

Jadi Juara

Tanggal 30 Oktober 2011 yang lalu, lagi-lagi klub FREH mengadakan acara seru loh! Kali ini kita memotivasi adik-adik untuk menjadi pelajar berprestasi. Diisi oleh trainer tetap yaitu kak Wendy, acara ini juga mengundang ibu-ibu dari para peserta untuk datang dan melihat sekaligus memantau perkembangan putrinya. Testimoni dari para ibu adalah acara ini bagus sekali lohhh…

maaf lagi-lagi gambar belum tersedia. Ini karena tim FRESH kehilangan dokumentasi foto kegiatan. Sedih. HIKkkssss! T_T

Tinggalkan komentar »

Marhaban Yaa Ramadhan

Pada Ramadhan tahun 1431 H, klub FRESH mengadakan acara training remaja khusus Ramadhan. Kali ini diisi oleh ka Wendy, lulusan dari Universitas Padjadjaran. Training ini adalah tentang perubahan seorang muslim menjadi orang yang lebih baik. Bila diibaratkan maka perubahan ini sama dengan perubahan ulat menjadi kupu-kupu yaitu metamorfosis. Jadi teman-teman, berubahlah menjadi seorang yang lebih baik.

Tinggalkan komentar »

Dekor

Assalamualaikum Sobat FRESH!

Wah uda lama banget ya kita ga bersua…..

Gimana nih kabar dari Adik-adik semua? mudah-mudahan sehat ya… atau jangan-jangan lagi kena dekor yah? apaan tuh dekor? yang tugas ngehias-hias panggung acara 17an yak?

bukan De, dekor itu tuh serangan panas yang lagi menyerang anak-anak remaja-remaji, ibu-ibu, atau siapa aja yang suka sama orang-orang bermata sipit dari negeri  gingseng, atau yang lebih sering disebut demam korea. Walah ati-ati nih virus ini bisa terkategori berbahay-hay..(bahaya). Kalo ga segera ditangani bisa gaswat. Untuk gejala yang ringan sih paling cuma seneng aja liat Hyun Bin yang kemaren dulu dateng untuk ngerayain HUT TNI.  Atau siapa yang ga kenal sih sama SUJU.  Ayo sebut….sebut siapa lagi yang suka ma korea..? Apalagi sekarang stasiun tivi pada berlomba untuk menayangkan acara yang berbau korea. Mulai dari film korea kayak yang terkenal itu, Secret Garden, Baker King Kim Tak Goo, Oh My Lady!,  Boys Before Flowers de el el.

Kalo gejala yang udah lumayan nih biasanya suka mengkoleksi apaan aja yang ada koreanya.  Biasanya koleksi ini didapet dari bonus-bonus yang suka dikasi oleh majalah atau tabloid. Ditambah lagi selalu nongkrongin acara tipi entah itu acara musik atau infotainment  yang ngebahas tentang korea. Pokoknya ga boleh ketinggalan sedikitpun ama drakor atau style atau info terbaru tentang artis-artis korea.

Nah terakhir adalah gejala yang paling parah. Seringnya nih si penderita ga sadar kalo dirinya udah terjangkit korea-addict. Semua yang ada di otaknya hanya artis-artis korea plus artis-artis Indonesia yang ke-korea-korea-an. Mulai dari bangun pagi harus banget liat wajah idola kayak (yang lokal) SM*SH, 7icon, Cherrybelle de kaka, atau asli korea seperti SUJU, Wondergirl, SNSD/Girls Generation. Trus ga lupa nongkrongin acara music yang ada lagu-lagu koreanya. Kalau perlu bolos sekolah deh soalnya si SM*SH lagi manggung tuh di Inbox yang tempatnya deket banget kayak di POINT Lebak Bulus. Ga lupa juga dong sapa-sapa temen-temen yang suka juga ma korea di FB khusus pecinta dan penggila korea. Sampai yang paling parah adalah ketika diingatkan untuk kembali ke jalan yang benar eeeh malah marah-marah. Udah gitu dia bikin status yang seperti ini, “TERSERAH GUE DONG MAU LEBIH KENAL SAMA TUHAN GUE ATAU IDOLA GUE!!!!!!”.

WaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaackkkSS! ckckckckckckckck…Masha Allah, adik-adikku sayang, jangan sampe kalian seperti itu yah…masa lebih kenal idola daripada diri sendiri. Paling parah lupa ma Tuhan yang udah menciptakan kita. Nah kalo uda parah kayak gitu sih banyak-banyak istigfar. Tobaaaaaaaaaaaaaaat..tobatlah nak!

Adik-adik, kalo ada temen atau malah diri kita yang kena gejala yang no tiga, ati-ati berarti itu virus harus segera dimusnahkan. Kalo ga bisa-bisa gaswat surawat. Bisa-bisa kalian menyembah mereka atau malah menjadi GI…..LA. Nauzubillah! Buruan minta disadarkan oleh orang-orang terdekat. Jangan lupa juga banyak-banyak istigfar biar setan yang lagi manas-manasin kabur jauh-jauh.

Sekarang perhatikan baik-baik. Ini rahasia kita loh! mau tau ga ?

Ternyata  eh ternyata virus korea ini emang disengaja loh. Untuk membuat adik-adik lupaaaaaaaaa (kan uda minum panadol!hehe..) sama Allah dan identitas kita sebagai muslim. Biar adik-adik  maunya mikir atau ngekhayal tentang korea aja. Membuat kalian menjadi tidak produktif. Kalian jadi lupa sholat, lupa ngaji, lupa belajar, lupa makan, lupa segala-galanya. Hampir-hampir kayak narkoba jenis baru deh.  Makanya sebagai remaja yang cerdas, gaul dan syar’i, kita ga boleh terlarut dalam demam korea ini. Kita harus sadar bahwa artis-artis korea itu ga ada apa-apanya banget. Uda tau kan kalo artis korea kebanyakan pada operasi plastik/ oplas. Jadi muka ganteng mereka engga asli. Emang ga semua artis korea itu pada oplas. Cuma ya itu tadi kalo operasi plastik berarti kan mengubah-ubah ciptaan Allah. Wah bisa-bisa Allah murka deh. Udah gitu akhir-akhir ini banyak artis korea yang bunuh diri. Tuh kan ga menjamin jadi artis itu bahagia. Buktinya mereka depresi kelas berat. Ih masa kita mengidolakan orang yang sakit jiwa sih! Aduh duh….makanya artis-artis Korea itu ga perlu dijadiin panutan. Cukup Nabi aja yang dijadiin teladan. Bahkan Nabi aja ga mau terlalu dipuja-puji. Sabda Rasulullah, “ Janganlah kamu berlebih-lebihan memujiku, sebagaimana orang-orang Nasrani telah berlebih-lebihan memuji Isa putra Maryam. Aku hanyalah seorang hamba maka katakanlah, ‘ Abdullah wa rasuluhu (hamba Allah dan rasulNya)”.

Tuh liat deh, teladan nomor satu kita saja sudah melarang agar tidak memujinya secara berlebihan. Terus bagaimana mungkin seorang manusia biasa yang keimanannya diragukan seperti artis-artis korea itu bisa nyelametin kita dunia akhirat. Coba deh perhatiin, kadang kita berharap terlalu tinggi sama mereka. Balasan mereka ke kita? Ga ada sama sekali. Kalau pun ada itu karena kitanya aja yang buat-buat. Artis korea itu mana pernah peduli kalo kita lagi sakit, pusing karena ujian, sedih karena temen kita jahat, dan malah mereka ga kenal kita sama sekali. Jadi jangan buang-buang energi untuk sesuatu yang ga berguna.

So gimana dong biar terbebas dari serangan deman korea yang sedang melanda seantero Indonesia? Pertama. Sadari bahwa mereka itu hanya manusia biasa. Kalo sekedar suka boleh aja. Untuk sekedar refreshing kalo lagi bête. Tapi inget sebentar aja ya De, jangan kelamaan! Bisa-bisa tar balik lagi demamnya.

Kedua. Jauhi perbuatan yang tidak bermanfaat.

Ketiga. Mending ikut acara Klub Remaja FRESH  aja. Disini kalian bisa dapet arahan yang benar dari kakak-kakak yang baik hati dan tidak sombong. Udah gitu kalian bebas loh untuk curhat. Mau curhat apa aja boleh  deh. Bisa langsung aja hubungi hotline atau ketik sms ke no-no kakak-kakaknya. Dan ini yang paling penting. Kalian bisa dapet ilmu plus pahala juga dong. Waaaaaaaaaaaaaah buruan deh ikutin acara-acara kita. Dijamin ga bakal bête!!!!

Tinggalkan komentar »

Bukan Pelajar Biasa

Training “Bukan Pelajar Biasa” ini diisi oleh trainer Ka Beti, seorang mahasiswi dari Universitas Indonesia. Selain diisi oleh training, ada pula games menarik “Ranjau” yang disukai oleh adik-adik peserta

Tinggalkan komentar »

Be Fresh With A New You

Tanggal 2 Juli 2011 yang lalu, klub FRESH telah mengadakan acara training remaja dengan tema “Be Fresh With A New You”. Acara ini dibarengi dengan kegiatan makan spaghetti dan es krim bersama. Wah rugi deh yang ga ikutan. Dalam acara ini dibahas tentang perubahan remaja menjadi pribadi yang baru, yang FRESH sesuai dengan nama klub ini. Acara ini dipandu oleh ka Anis sebagai Trainernya. So pasti seru abissss. Maaf gambar belum tersedia. heeee

Tinggalkan komentar »

Selamat Datang di Blog Klub Remaja FRESH!!

Assalamu’alaykum wr wb

Halo adik2,,,gimana kabarnya??? K’Anis doakan smoga dalam keadaan sehat2 aja ya,,dan yang pastinya selalu bersemangat!! :)

Oya, gimana hari2 pertama sekolah??Menyenangkan gak??Jangan lupa pesan dari Kak Betie yaaa…Jadi pelajar yang plus2,,plus ngaji plus dakwah,,oke???

Sekedar info, ini adalah blog klub kita. InsyaAllah bakal diisi macem2 artikel,,yang pasti banyak ilmunya,,sering2 berkunjung yaaa…biar jadi remaja yang plus2,,,he,,,

Eh,,udah dulu yaa…Kak Anis mau bikin2 artikelnya dulu,,,SMANGKA!! Smangat karna Allah !!

Wassalamu’alaykum wr wb

Tinggalkan komentar »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.